Khasiat Daun Pecut Kuda

Khasiat Daun Pecut Kuda

Khasiat Daun Pecut Kuda,- Tanaman pecut kuda!! Memang terdengar aneh, mungkin kalian juga merasa asing dengan namanya. Tapi di Indonesia sendiri, tanaman daun pecut kuda ini sering dijadikan tanaman herbal, karena memang bermanfaat untuk kesehatan.

Khasiat Daun Pecut Kuda

Saya sendiri sebagai penulis belum begitu mengenal dengan tanaman ini, tapi setelah saya browser di internet, akhirnya saya paham dan mengenal daun pecut kuda ini. Daun pecut kuda ini memiliki nama pecut kuda karena bentuknya yang mirip dengan pecut kuda.

Pecut dalam bahasa Indonesia artinya cambuk dan kuda artinya adalah kuda. Di negara lain pastinya nama dari daun pecut kuda ini berbeda, itu tergantung dari bahasa yang mereka pakai, contohnya saja di China, daun pecut kuda ini dinamai yulongbian, dan di Filipina kandikandilaan. Beda bahasa, beda juga namanya, tapi daun pecut kuda ini memiliki nama latin nya juga, yaitu Stachytarpheta jamaicensis.

Daun pecut kuda memiliki ciri seperti daun mint bila dilihat dari kejauhan, tapi setelah didekati, daun ini bukanlah daun mint. Daun pecut kuda adalah tanaman yang akan terus berbunga setiap tahunnya, panjang dari tanaman ini pun bisa mencapai 1 meter lebih. Daun pecut kuda sering dimanfaatkan untuk kesehatan, dan di negara lain pun sama, daun pecut kuda ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Khasiat Daun Pecut Kuda untuk kesehatan ini memang sudah dikenal di Indonesia sejak lama, daun pecut kuda ini terdapat beberapa senyawa alami yang kandungannya sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti :

  • Mengatasi amandel.
  • Mengobati radang tenggorokan.
  • Meredakan batuk.
  • Menyembuhkan hepatitis.
  • Mengatasi keputihan.
  • Melancarkan haid.
  • Mengatasi rematik.

Untuk memanfaatkan daun pecut kuda ini perlu pengolahan yang benar, karena tidak mungkin anda mengkonsumsi mentah-mentah daun pecut kuda untuk mengatasi masalah kesehatan yang anda derita, pastinya perlu melakukan pengolahan dulu.

Cara Pengolahan Dari Khasiat Daun Pecut Kuda

Untuk mengolah daun pecut kuda sangatlah mudah, tapi ada beberapa pengolahan khusus yang hanya digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit saja, tapi sebelum membahas pengolahan yang khusus untuk mengatasi beberapa penyakit, saya akan memberikan dulu cara pengolahan daun pecut kuda untuk dikonsumsi secara umum.

Untuk mengolah daun pecut kuda agar bisa dikonsumsi adalah dengan mengambil beberapa daun pecut kuda, kemudian rebus dengan air mendidih, rebus terus sampai warna air rebusan berubah warna, kemudian anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut. Khasiat dari air rebusan daun pecut kuda yaitu, dapat mengatasi pegal-pegal dan memulihkan stamina tubuh yang lelah, serta masih banyak lagi. Sebelum anda merebus daun pecut kuda, anda harus mencuci bersih daun tersebut dengan air bersih.

Kemudian cara pengolahan yang lain adalah dengan menumbuk halus daun pecut kuda, kemudian hasil tumbukan tadi bisa dioles untuk dijadikan sebagai obat luar.

Selanjutnya adalah cara pengolahan khusus daun pecut kuda untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu.

1. Mengobati rematik dan amandel

Kumpulkan daun pecut kuda sebanyak 10 sampai 60 gram, kemudian cuci sampai bersih, setelah itu rebus dengan air sebanyak 3 gelas, rebus terus sampai airnya menguap hingga tersisa untuk 1 gelas, kemudian dingin kan, setelah dingin saring dan air saringan nya dikonsumsi 2 kali sehari, masing-masing dikonsumsi dengan takaran 1/2 gelas. Lakukan secara terus-menerus sampai rematik atau amandel yang anda derita sembuh dengan sendirinya secara alami.

2. Mengobati radang tenggorokan

Siapkan 50 gram daun pecut kuda, 2 buah kencur dengan ukuran sedang, 2 siung bawang putih. Cuci semua bahan tersebut, kemudian tumbuk sampai halus, setelah itu campur kan dengan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, kemudian peras dan saring, setelah itu minum air saringan tersebut, lakukan 3 kali sehari selama 3 sampai 5 hari.

3. Mengobati keputihan

Untuk mengobati keputihan caranya adalah dengan merebus daun pecut kuda dengan air rebusan sebanyak 3 gelas, rebus terus sampai airnya menguap hingga tersisa 1 gelas, kemudian dingin kan lalu saring air rebusan nya, minum sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore dengan takaran 1/2 gelas.

4. Mengobati hepatitis

Untuk mengobati hepatitis, anda perlu 5 sampai 10 tangkai bunga pecut kuda, setelah disiapkan, cuci bunga tersebut sampai bersih, kemudian potong-potong, tambahkan gula batu secukupnya, rebus dalam air 3 gelas sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin, saring air rebusan tersebut, minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 1/2 gelas, lakukan sampai hepatitis sembuh total secara alami.

5. Mengobati bisul

Siapkan daun pecut kuda secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian yang terkena bisul, lakukan setiap pagi dan sore sampai bisul nya sembuh. Cara yang dilakukan untuk mengobati bisul bisa anda terapkan untuk cara mengobati wajah yang berjerawat.

Itulah sedikit tentang Khasiat Daun Pecut Kuda untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

CARA PEMESANAN JELLY GAMAT